5 Makna Peluncuran Uang Baru

621
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Foto: Trias Politica

KABANEWS.COM – Agus Martowardojo menjelaskan penerbitan 11 uang rupiah baru Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan 12 gambar pahlawan nasional mengandung lima makna.

Agus menjelaskan makna pertama adalah pemenuhan syarat dalam fisik uang NKRI sesuai Undang-Undang Mata Uang Nomor 7 Tahun 2011, salah satunya adalah terdapat frasa NKRI.

“Pencantuman frasa NKRI memiliki makna filosofis sebagai simbol kedaulatan RI,” kata Agus, Senin (19/12/2016), seperti dilansir Antara. Peluncuran dan peredaran 11 uang baru NKRI pada hari Senin juga bertepatan dengan Hari Bela Negara.

Makna kedua, kata Agus, adalah penggunaan uang rupiah NKRI sebagai satu-satunya mata uang alat pembayaran di wilayah Indonesia.

“Penggunaan mata uang asing tidak sejalan dengan semangat nasionalisme. Pelanggaran itu dapat dipidanakan dan kena sanksi, kecuali untuk transaksi yang diperbolehkan Undang-Undang,” kata dia.

Makna ketiga adalah tanggung jawab Bank Indonesia sebagai otoritas yang menerbitkan dan mengedarkan uang rupiah, agar uang rupiah selalu tersedia dan mencukupi kebutuhan transaksi maksyarakat Indonesia.

Keempat, uang rupiah harus dijaga dan dirawat oleh masyarakat Indonesia dengan baik, karena uang rupiah merupakan simbol kedaulatan negara.

“Masyarakat perlu meninggalkan kebiasaan kurang baik seperti membasahi, mencorat-coret, mensteples, dan melipat-lipat,” kata Agus.

Sedangkan makna kelima adalah terdapatnya gambar pahlawan, yang disertai ciri khas kebudayaan berbagai daerah di Indonesia.

“Pada uang rupiah ada gambar seperti tarian daerah, keindahan alam, gambar pahlawan. Gambar pahlawan adalah bentuk penghormatan kepada pahlawan kusuma bangsa,” ujarnya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.