Batang Tabik, Wisata Sejuk di Payakumbuh

1663
Pemandian Batang Tabik. Foto: wartapayakumbuh

KABANEWS.COM – Pemandian Batang Tabik merupakan objek wisata pemandian alam dengan air yang sangat jernih dan sejuk, dikelilingi hamparan sawah dan pemandangan alam yang indah.

Lokasi ini telah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda sebagai satu-satunya pemandian di Kabupaten Lima Puluh Kota dan Payakumbuh. Selain sebagai tempat pemandian dan rekreasi, airnya juga dimanfaatkan sebagai salah satu sumber air PDAM Kota Payakumbuh.

Berada di Kenagarian Sungai Kamuyang dan dikelola oleh Kerapatan Adat Nagari (KAN). Konon, air Batang Tabik ini bersumber dari Danau Singkarak. Mata air yang keluar dari dalam tanah ini dibendung sehingga menjadi kolam dan kemudian dinamakan Batang Tabik. Letaknya berjarak ± 5 km dari kota Payakumbuh, di pinggir jalan raya menuju Lintau.

Wisata Pemandian Batang Tabik ini sudah memiliki berbagai fasilitas yang bisa dinikmati pengunjungnya. Fasilitas tersebut seperti toilet, musholla, dan ruang ganti pakaian.
Unruk melengkapi, terdapat warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman sehingga saat anda berwisata ke tempat ini tidak perlu khawatir jika lapar tidak harus jauh-jauh cari makanan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.