Bom di Bandara Tersibuk di Dunia Melemahkan Perekonomian Turki

427
Bandara Ataturk di Istanbul merupakan bandara tersibuk ke-11 di dunia pada 2015, dengan 61,8 juta penumpang menggunakannya. Foto: condone

KABANEWS.COM – Korban tewas dalam serangan bomdi Turki terus bertambah dan kini sudah mencapai 36 orang tewas, sementara sekitar 250 lainnya terluka.

Menurut Reuters, serangan terjadi pukul 21.50 pada Selasa (28/6) ketika seorang penyerang melepaskan tembakan di gerbang keberangkatan dengan senapan otomatis, membuat para penumpang lari mencari perlindungan. Tak lama kemudian tiga penyerang meledakkan diri dengan bom bunuh diri di sekitar gerbang kedatangan.

Bandara Ataturk di Istanbul merupakan bandara tersibuk ke-11 di dunia pada 2015, dengan 61,8 juta penumpang menggunakannya, merujuk data Airports Council International.

Bandara tersebut juga merupakan salah satu yang tercepat berkembang di dunia, dengan pertumbuhan penumpang pada 2015 mencapai 9,2 persen dibandingkan setahun sebelumnya.

Operator pesawat terbesar di bandara ini adalah Turkish Airlines, yang berkantor pusat di sana. Operator pesawat low cost carrier Onur Air, menjadi operator terbesar berikutnya.

Serangan bom ke pusat wisata di Istanbul, Turki, pada Selasa, 12 Januari 2016 ini bertujuan melemahkan perekonomian Turki. Diperkirakan, dampak dari insiden tersebut, Turki bakal kehilangan pemasukan sebesar US$ 30 juta atau setara dengan Rp 416 miliar dari sektor wisata.

Salah satu reaksi akibat ledakan mematikan ini, pemerintah Jerman menghimbau warga Jerman di Istanbul untuk menghindari kerumunan massa dan tempat wisata lainnya.

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.