Bom Meledak di Pos Polisi Turki, Ratusan Terluka

329
Kepulan asap di Pos Polisi yang meledak di Kota Elazig, Turki timur, pada Kamis (18/8/2016). Foto: Twitter/Michael Horowit @michaelh992

KABANEWS.COM – Situasi keamanan di Turki makin menunjukan ketidakstabilan. Rentetan peristiwa beberapa bulan belakangan membuat Turki nyaris kehilangan keamanan. Kali ini, bom meledak dengan ratusan korban luka-luka.

Tiga nyawa melayang dan lebih dari 100 orang terluka akibat sebuah serangan bom mobil di pos polisi di Kota Elazig, Turki timur, Kamis (18/8). Beberapa video yang beredar menunjukkan asap tebal mengepul akibat ledakan tersebut sehingga mengaburkan pandangan ke arah pos polisi itu.

Serangan itu disinyalir didalangi oleh kelompok militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), demikian laporan kantor berita Turki, Dogan.

Beberapa bulan belakangan, kelompok pemberontak ini memang kerap melancarkan serangan di pos-pos polisi di Turki, terutama di daerah dengan mayoritas penduduk Kurdi di tenggara Turki.

Daerah tersebut pun kerap kali bergejolak karena kekerasan yang terjadi sejak gencatan senjata antara pemerintah dan PKK batal pada Juli tahun lalu.

Serangan ini terjadi hanya berselang beberapa jam setelah ledakan serupa juga menewaskan tiga warga di wilayah tersebut.

Pada Rabu (17/8), tiga orang tewas dan 40 lainnya terluka akibat bom mobil di Provinsi Van yang terletak dekat perbatasan dengan Iran.

Belum diketahui motif peledakan bom polisi ini. Sebelumnya, pengadilan Turki memerintahkan penutupan surat kabar berhaluan kiri yang dituding pro-Kurdi atas tudingan menyebarkan propaganda dari Partai Pekerja Kurdistan, PKK.

Versi cetak surat kabar Ozgur Gundem memiliki sirkulasi 7.500 eksemplar per hari, dan fokus melaporkan isu terkait konflik Turki dengan pemberontak Kurdi di wilayah tenggara. Sejak 2014, harian ini telah puluhan kali diinvestigasi, didenda, dan korespondennya ditahan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.