Bukittinggi Digagas Tumbuh Jadi Kota Tujuan Wisata Olahraga

329
Ilustrasi

KABANEWS.COM – Kota Bukittinggi diharapkan jadi tujuan wisata olahraga. Hal ini disampikan oleh Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), M Ramlan Nurmatias

Bukittinggi tumbuh menjadi kota tujuan wisata olahraga melalui perangkat daerah baru, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga.

“Dalam rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang susunan organisasi perangkat daerah (SOPD) yang baru selesai dibahas, dibentuk Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga. Melalui itu kita akan jadikan Bukittinggi sebagai kota tujuan wisata olahraga,” Ramlan di Bukittinggi, seperti dikutip dari antarasumbar, Senin (10/10).

Target tersebut juga sudah sejalan dengan visi dan misi pemerintah. Direncanakan, pembinaan olahraga akan melibatkan RT dan RW sehingga kegiatan olahraga hingga lingkup wilayah terkecil dapat berjalan. Kemudian, fasilitas olahraga secara bertahap akan dibenahi.

“Tantangan ke depan adalah mencari sosok kepala bidang yang dapat mengurus bidang olahraga dengan baik. Yang penting, penempatan pegawai akan disesuaikan dengan kompetensi yang dibutuhkan di setiap bidang,” ujarnya.

Dalam ranperda SOPD terdapat 25 perangkat daerah dengan rincian 16 dinas, tiga badan, tiga kecamatan, dua sekretariat dan satu inspektorat.

“Pada Senin(10/10) ranperda akan diserahkan kepada gubernur untuk difasilitasi agar keseluruhannya sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara peraturan wali kota (perwako) untuk setiap perangkat daerah juga sudah disiapkan melalui bagian hukum.

“Selanjutnya, akan dibahas mengenai Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2017. Senin(10/10) sudah mulai rapat,” tambahnya.

Pihaknya optimistis dapat menyelesaikan pembahasan tersebut dengan segera karena dari pengalaman sebelumnya, daerah itu dapat menyelesaikan pembahasan RAPBD 2016 dan KUA-PPAS 2015 lebih awal.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.