Busana Tionghoa-Minangkabau Tampil Unik di Fashiontastic

472
busana tionghoa-minangkabau saat imlek diperhelatan Fashiontastic di Galeries Lafayette Pasific Place, foto : Jawa Pos

KABANEWS.COM – Biasanya hari raya Imlek atau Chinese New Year identik dengan busana Cheongsam berwarna merah. Tentu tahun 2018 di shio anjing, banyak orang ingin berpenampilan lebih berbeda. Karena itu, lewat sentuhan desainer kebanggaan tanah air, Ghea Panggabean, budaya Tionghoa dipadukan dengan rasa Minangkabau.

Hadir dalam perhelatan Fashiontastic di Galeries Lafayette Pasific Place, Ghea memberi nama koleksinya dengan judul A Journey to Minangkabau. Menurutnya, betapa besarnya pengaruh budaya Tionghoa yang mengalir di Indonesia melalui jalur perdagangan.

“A Jouney to Minangkabau ini sebagai simbol pengaruh Tionghoa besar sekali datang ke Indonesia dari jalur sutera ke Sumatera, termasuk Padang,” kata Ghea kepada wartawan, Kamis sore (25/1).

Ghea memberikan sentuhan bordir khas Tionghoa ditambah dengan bordiran Minangkabau. Tak melulu harus merah seluruhnya, meskipun Ghea tetap memberikan sentuhan warna merah di sejumlah titik sebagai simbol Imlek.

“Saya menggunakan warna pastel dan malam ada hitam lalu maroon. Kalau untuk detailnya tetap ada merah karena khas Imlek,” kata Ghea.

Menampilkan 20 koleksi (look), Ghea memberikan suguhan koleksi dengan kain satin, sutera, dan sifon. Sehingga membuat penampilan di tengah perayaan semakin meriah.

“Ada bordiran Minangkabau yang menurut saya ini perpaduan dua budaya sebagai unsur akulturasi,” jelasnya.

Menariknya, tak harus selalu Cheongsam, Ghea dengan luwes menampilkan pakaian dibalut dengan kebaya kutubaru hingga dress. Hal itu, kata Ghea, agar masyarakat tidak jenuh dengan penampilan yang itu-itu saja.

“Jadi bisa dipadukan dengan melepas kainnya bisa jadi cheongsam, atau kebaya dengan sentuhan Tionghoa dan Minangkabau. Ini kali pertama untuk saya membuat sesuatu koleksi yang lebih modern tradisional dan saya puas untuk mengawali koleksi tahun 2018 ini,” tutup Ghea

Sumber : Jawa Pos

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.