Cangkuak Teri “Sambel Setan” Khas Minang

1285
cangkuak, foto : istimewa (hilma mirdas)

KABANEWS.COM – Dirantau, samba lado cangkuak sering dicari, terbayang-bayang nikmat pedasnya. Masakan khas Minangkabau ini sangat populer dikalangan pencinta kuliner sederhana khas Minang nan lezat. Sensasi pedasnya mengesankan dilidah dan kadang saking pedasnya hingga mendenging di telinga, cangkuak diimpi-impikan serta diidam-idamkan dalam setiap perburuan kuliner khas Minang ditengah-tengah ragam kuliner lezat khas daerah Indonesia.

Membuat cangkuak pun mudah, apabila menggunakan bumbu asli Minang yang sambelnya pedas bukan kepalang akan lebih terasa kenikmatannya, pedasnya seperti kesetanan atau populer disebut juga dengan sambel setan.

Berikut resep membuatnya :

Sediakan bahan-bahan dibawah ini,

3 sendok makan cabai merah keriting yang sudah digiling.
10 buah bawang merah yang telah diiris.
2 buah asam kandis yang dikeringkan.
500 ml air nasi.
1 buah tomat yang sudah diiris.
50 gram teri yang sudah dibersihkan.
pete/kerupuk kulit dan garam secukupnya.

Cara memasaknya :
Pertama-tama rebuslah dahulu teri dan air sehingga terinya empuk, setelah itu masukkan asam kandis yang telah disiapkan.Tumbuk dan haluskan cabe serta bawang merah dan putih. Setelah itu masukkan bumbu halus, daun bawang, tomat rebus, pete/kerupuk kulit, aduk hingga rasanya berpadu. Lalu tambahkankanlah garam secukupnya, setelah matang, hidangkan dan disantap dalam cuaca dingin, benar-benar sedap.

Panganan sederhana ini sering dijadikan bekal para petani yang menyantapnya diladang. Akan terasa nikmatnya apabila disantap dalam cuaca yang dingin. Pedasnya cangkuak akan menjaga suhu tubuh untuk tetap hangat.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.