Capaian Pertumbuhan Ekonomi Bukittinggi Jauh Diatas Rata-rata Sumatera Barat

329
pertumbuhan ekonomi, foto : istimewa

KABANEWS.COM – Selain itu, juga dimaksudkan untuk penajaman indikator dan target kinerja program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsi SKPD. Pada forum berlangsung dua hari itu, pelaksanaannya meliputi empat kelompok, masing-masing bidang infrastruktur, ekonomi, sosial budaya dan pemerintahan umum, ucap Rismal Hadi.

Sedangkan Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menjelaskan, jumlah penduduk Kota Bukittinggi sebanyak 122.621 jiwa dengan laju pertumbuhan 1,77 persen dan kepadatan 4.858 jiwa per kilometer. Pertumbuhan penduduk yang angkanya lebih tinggi dari provinsi, haruslah disikapi bersama, terutama perumusan berbagai program antisipasinya.

Selanjutnya Ramlan Nurmatias mengatakan, selain kualitas penduduk, sebagai pelayanan masyarakat, menurut Ramlan Nurmatias, seluruh aparat Pemerintah Kota juga dituntut mampu menggenjot pelayanan administrasi umum maupun penyediaan sarana dan prasarana. Tidak saja untuk penduduk Bukittinggi, pelayanan terhadap para pengunjung juga mesti diupayakan peningkatan kualkitasnya.

“Isu ini mesti kita bahas pada forum SKPD, sehingga dapat dirumuskan berbagai program dan kebijakan,” ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, Ramlan juga melihat pertumbuhan ekonomi Kota Bukittinggi dengan capaian 6,12 persen jauh di atas rata-rata Sumatera Barat pada angka 5,41 persen.

Pertumbuhan ekonomi Kota Bukittinggi tersebut merupakan peringkat keempat dari 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Karena itu pula menurutnya diperlukan peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang dibutuhkan, seperti prasarana jalan, kesehatan, pendidikan, perekonomian masyarakat, obyek wisata dan pendukung kepariwisataan serta air bersih.

“Permasalahan ini mesti kIta jawab dan carikan solusinya bersama-sama seluruh SKPD,” pungkasnya, seperti dilansir Minangkabaunews.

LEAVE A REPLY