Gairah Kegiatan Komunitas Seni Budaya Anak Nagari Balingka

103
acara silaturahmi Marsini Komunitas Budaya Balingka, Bulaan, jorong Kotohilalang (23/11/17) foto : kabanews.com

KABANEWS.COM Bulaan, Jorong Kotohilalang, Balingka pada hari Kamis malam (23/11/2017) pukul 20.00 WIB diramaikan dengan acara pergelaran ragam tari dan musik tradisi Minangkabau yang ditampilkan oleh anak-anak Marsini Komunitas Budaya.

Aksi menari anak-anak Sekolah Dasar yang telah dibina selama enam bulan tersebut menampilkan tari dan musik tradisional minangkabau, diantaranya tari pasambahan, tari piring, tari indang dan silat.

Acara pergelaran yang bertajuk Silaturahmi antara Marsini Komunitas dengan warga dan tokoh masyarakat Balingka, mendapatkan apresiasi yang cukup berarti dari pemerintah Nagari Balingka yang menilai bahwa kegiatan budaya seperti ini perlu diperhatikan dan dibina kelanjutannya.

Wali Nagari Balingka menyampaikan dalam pidatonya “Kita akan melihat anak-anak kita yang berbakat dalam bidang seni dan budaya dalam pergelaran ini” kata Armen Palimo Kayo, “Mereka akan lebih hebat lagi jika besar nanti, karena dari kecil sudah dibina dan dilatih” lanjut Armen.

Kegiatan pelatihan dan pembinaan seni budaya bagi anak-anak Sekolah Dasar ini dinaungi oleh Yayasan Marsini Komunitas Budaya di Jakarta yang telah membuka cabang di 7 daerah di Indonesia.

“Pelestarian seni budaya tradisi juga merupakan program pemerintah pusat dengan program-program mengajar yang sudah berjalan, mengirim Seniman untuk mengajar di sekolah-sekolah maupun di pelosok daerah” kata Indra.

“Ada program Seniman Mengajar, Seniman Masuk Sekolah yang diprakarasai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, semua program itu merupakan bentuk pelestarian tradisi yang hampir punah, ujar Indra yang pernah dikirim ke Danau Toba dalam program Seniman Mengajar gelombang II bulan September 2017 yang lalu.

Sementara dari warga Balingka sendiri menyampaikan “Awalnya dari enam orang, sekarang anak-anak yang ikut belajar di Marsini sudah mencapai hampir 40 orang. Ditempat yang sederhana ini mereka belajar berbagai tarian tradisi dan sekarang bertambah lagi dengan belajar musik tradisi dan tidak dipungut bayaran” kata Mak Kumbang Andi

“Selain berlatih tari dan musik, anak-anak Marsini Komunitas juga di beri pengetahuan tentang berbagai genre tari melalui tontonan, baik tontonan melalui video maupun menonton langsung di panggung pertunjukan, agar terlatih untuk mengapresiasi dan tontonan tersebut dapat menjadi motivasi untuk tekun” kata Indra Zubir, pimpinan Marsini Komunitas Budaya Balingka.

Acara  silaturahmi ini diselenggarakan atas permintaan warga yang juga mengundang Bapak Andri Warman untuk hadir menyaksikan penampilan anak-anak Marsini Komunitas Budaya Balingka.

(LS)

LEAVE A REPLY