HRD Dan Tanggung Jawabnya Dalam Perusahaan

289
foto : istimewa

KABANEWS.COM – Sebutlah, Okiwa Tentriano bekerja di sebuah perusahaan di Jakarta yang bergerak dalam bidang distributor telepon satelit dan alat-alat navigasi. Laki-laki berperawakan tinggi besar ini menduduki sebuah posisi yang cukup penting dalam sebuah perusahaan, yaitu HRD.

Apabila kita melihat struktur organisasi dalam sebuah perusahaan, kita akan mengenal sebuah job discription yaitu HRD (Human Resources Development). HRD adalah pengembangan sumber daya manusia, yaitu sekelompok orang atau tim yang memiliki tugas mengembangkan SDM atau pekerja dalam suatu perusahaan maupun organisasi. Tugas utama HRD adalah untuk membuat karyawan di perusahaannya mampu memaksimalkan kemampuan terbaik setiap individu karyawannya dalam melayani perusahaan secara lebih baik.

Setiap karyawan adalah aset bagi perusahaan dan menjaga aset-aset ini sangat penting untuk kesuksesan suatu perusahaan atau organisasi. HRD ditugaskan untuk memastikan bakat dan kemampuan dapat berfungsi dengan baik. Setiap karyawan sama-sama mendapat kesempatan untuk tumbuh, mendapatkan pelatihan kemampuan dengan baik, pelatihan dan polishing.

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab HRD

Persyaratan keterampilan
Keterampilan manajemen waktu adalah suatu keharusan karena HRD perlu berurusan dengan semua karyawan perusahaan / cabang.
HRD mungkin perlu untuk membangun strategi, menambahkan program manfaat, memecahkan banyak masalah dan mengelola waktu dan alur kerja dari setiap karyawan.

Profesionalisme HRD
Pendekatan profesional di setiap langkah adalah suatu keharusan.

Rekomendasi HRD
Bermanfaat bagi semua karyawan harus sama dan penalaran harus transparan.

Tugas HRD
Tugas dan tanggung jawab HR tergantung pada ukuran perusahaan dan jumlah SDM yang dipekerjakan. Tugas stereotip HRD untuk merekrut karyawan, menjaga keuntungan perusahaan sebagai prioritas. Tapi tugas utama HRD merekrut dan polishing (mengembangkan) karyawan.

Tugas dasar HRD
Merekrut personil untuk posisi yang sesuai dengan kemampuan mereka.
Memberikan pelatihan dan pengembangan staf.
Monitoring kinerja dari setiap karyawan.
Memutuskan pemberian pengangkatan jabatan dan kompensasi.
Distribusi Pembayaran Karyawan
Survei Karyawan dan grading.
Monitoring perlengkapan kesehatan dan keselamatan bagi karyawan.
Trouble shooting dan pemecahan masalah bagi karyawan.
Menjaga hubungan dengan setiap karyawan.
Membentuk tim untuk proyek-proyek tertentu, dll
Persyaratan Pendidikan HRD
Gelar Sarjana dari perguruan tinggi yang mengkhususkan diri dalam sumber daya manusia seperti hukum, psikologi. Berat Tugas dan tanggung jawab ditentukan oleh kriteria seleksi yang bervariasi dari setiap perusahaan dan juga tergantung pada perekrut.

Tips untuk HRD
Jaga kondisi yang baik dengan setiap karyawan.
Jadilah seseorang yang bisa dibutuhkan pertolongan ketika mereka membutuhkan Anda. Dengarkan masalah mereka dan membantu mereka menemukan solusi.
Inovatif dan berbeda. Dengan cara ini Anda dapat mengambil perhatian maksimal dari karyawan.
Apresiatif. Berikan pujian kepada karyawan ketika mereka melakukan pekerjaan dengan baik.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.