Inilah Para Pemenang Parade Teater Tradisi 2017

712
Para juara dan dewan juri Parade Teater Tradisi 2017 di Candi Bentar, Taman Mini Indonesia Indah (20/5/2017) foto : Kabanews.com

KABANEWS.COM – Siapa sangka akan jadi pemenang? Keputusan pemenang Parade Teater Tradisi di Candi Bentar, Taman Mini Indonesia Indah disampaikan oleh team pengamat pada malam pengumuman, Sabtu (20/5/2017). Hasil pengamatan dari para pengamat/juri yang terdiri dari Yanusa Nugroho (Ketua Dewan Juri), Jose Rizal Manua (Anggota) Djarot Budi Darsono (Anggota) meriahkan suasana malam pergelaran Teater tahunan ini.

Pada kata pengantar yang di sampaikan oleh Jose Rizal Manua, salah satu juri pada malam itu, mengatakan “Menulis naskah itu bisa bermacam-macam bentuknya, bisa dari improvisasi dulu, kemudian dituliskan, karena banyak juga dramawan-dramawan yang hebat itu seperti Rendra, Arifin C. Noer, naskahnya berjalan bersamaan dengan pertunjukan, jadi selesai pertunjukan, baru naskah itu tuntas ditulis kembali, ini juga saya anjurkan saya harapkan untuk yang kedepan, dituliskan improvisasi-improvisasi itu sehingga menjadi naskah yg utuh, kata bang Yos.

Hal ini disampaikan bang Yos “Karena naskah dalam teater tradisi, bentuknya spontanitas, tetapi juga harus diaktualisasikan bentuknya, karena ada budaya tulis, sebaiknya dituliskan apa yang diimprovisasikan, sehingga ia menjadi naskah nantinya”.

Selanjutnya bang Yos juga mengatakan “Kunci pertunjukan itu ada pada Sutradara, bagaimana watak-watak itu dibangun, ada komposisi, ada ensemble. Ada beberapa grup yang kuat sekali membangun ensemble, ada yang masih butuh latihan lagi. Begitu juga penokohan, ada yang sangat kuat membangun kekuatannya, dan sebagian masih harus mengembangkan dirinya” ungkap Bang Yos.

Para pemenang Parade Teater Tradisi 2017, kemudian dibacakan oleh Yanusa Nugroho, berikut para pemenang yang telah berhasil meraih beberapa kategori :

1. Tiga Penyaji Unggulan, mendapatkan piagam, piala dan uang sebesar 3 juta rupiah dari Direktur Utama TMII dimenangkan oleh peserta dari Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta, DKI Jakarta, dan Lampung.

2. Penghargaan berupa piagam, piala dan uang 2,5 juta rupiah dari Direktur Utama TMII untuk kategori : Penulis cerita dan skenario terbaik diraih oleh Jawa Timur. Sutradara Terbaik diraih oleh Jawa Timur, Pemeran Putra Terbaik diraih oleh Jawa Timur, Pemeran Putri Terbaik diraih oleh Lampung.

3. Satu penyaji terbaik berhak menerima 10 juta rupiah dari Direktur Utama TMII diraih oleh peserta dari Provinsi Jawa Timur.

Pengumuman pemenang mendapat sambutan meriah dari para peserta yang menang malam itu, menjadi warna malam pengumuman Parade Teater Tradisi 2017.

Baca Juga : “Bantengan Geger” Penyaji Terbaik Parade Teater Tradisi 2017

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.