Kolak Delima, Kuliner Buka Puasa Sekali Setahun di Bukittinggi

611
kolak delima yang di jual di pasar sudah mau habis, laku lho, foto istimewa

KABANEWS.COM – Kalau kita akan berbuka puasa, biasanya kita akan mempersiapkan diri dengan berbagai macam makanan pembuka, mulai dari makanan ringan hingga makanan pokok.

Makanan ringan yang paling banyak digemari untuk berbuka puasa ini adalah kolak.

Kolak banyak macamnya, ada kolak pisang, kolak ubi, kolak biji salak dan yang terakhir ini apabila anda ke Bukittinggi hanya akan ditemukan sekali dalam setahun, hanya di bulan puasa, yaitu : kolak delima.

Kolak delima ini banyak digemari pencinta kuliner di bulan Ramadhan, komposisi kolak terdiri dari : delima yang terbuat dari tepung singkong ini di beri pewarna merah, hingga delima menjadi berwarna merah dan putih, kombinasi dari warna dasar singkong.

Cara membuat :

Delima direbus hingga empuk, kemudian diangkat setelah delimanya mengambang di air mendidih, kemudian diangkat dan tiriskan.
Setelah itu bikin kuahnya, yang terdiri dari santan, gula pasir, sedikit vanilli, garam secukupnya dan tidak boleh ketinggalan daun pandan untuk aroma wanginya.
Kemudian semua bahan dimasak hingga mendidih.
Setelah mendidih campurkan delima kedalamnya.
Sebagai variasi, bisa ditambahkan dengan nagka yang dipotong kecil-kecil.
Kemudian dituang susu kental manis untuk menambah rasa lezatnya.

Kolak delima sudah siap untuk dihidangkan, sebagai makanan ringan untuk buka puasa anda dengan makanan pembuka yang manis dan lezat.

Selamat mencoba

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.