Lapek Sagan Khas Sumatera Barat Ini Resepnya

1880
Lapek Sagan makanan ringan (cemilan) yang berasal dari Sumatera Barat, merupakan jajanan khas asli Minangkabau, foto : sharulnizam.com

KABANEWS.COM – Lapek Sagan adalah makanan ringan (cemilan) yang berasal dari Sumatera Barat, merupakan jajanan khas asli Minangkabau, pas banget nikmatnya dengan segelas kopi/teh hangat, jika anda berkunjung ke Bukittinggi janganlah lupa untuk mencicipinya, jajanan pasar ini sangat mudah anda temui.

Lapek Sagan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan dan pisang kepok yang ranum matang sempurna, kemudian diberi bahan pencampur seperti parutan kelapa muda dan gula merah, dibungkus dengan daun pisang sehingga akan tercetak bentuknya sesuai dengan yang diinginkan.

Makanan ini cocok sekali dijadikan oleh-oleh apabila berkunjung ke daerah Sumatera Barat, cocok juga dijadikan bekal bagi yang ingin pergi ke tempat yang cukup jauh.

Bahan yang Diperlukan

Pisang Kepok Ranum – 10 buah
Beras Ketan – 2 ons
Kelapa Muda, parut kasar – 1 butir
Vanilli – Secukupnya
Daun Pisang – Secukupnya
Garam – Secukupnya

Cara Membuat Lapek Sagan
Bersihkan atau cuci dahulu beras ketan, tiriskan. Kupas pisang kepok kemudian campur dengan kelapa muda yang sudah diparut sampai merata, setelah itu tambahkan sedikit vanilli agar aromanya harum, campur lagi hingga kalis dan benar-benar rata.

Siapkan daun pisang untuk membungkus adonan. Bungkus adonan dengan bentuk bulat lonjong seperti lontong, bulat gepeng, kerucut dan sebagainya sesuai selera.

Kukus adonan yang sudah dibungkus sampai matang. Angkat, tiriskan dan sajikan.
Tips: Selain pisang kepok bisa juga menggunakan pisang raja, makanan ini cocok sekali disajikan bersama kopi hitam hangat.

Mudah, simpel dan prakis sekali kan cara membuat lapek sagan khas sumatera barat ini? Sobat bisa dengan mudah membuatnya di rumah dan sajikan untuk camilan bersama keluarga disaat santai. Sekian dulu sedikit uraian dari kami, semoga resep kali ini bermanfaat bagi sobat sekalian dalam membuat camilan untuk keluarga.

Selamat mencoba

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.