Silaturrahmi Generasi Muda Seni Budaya di Ladang Tari Nan Jombang

89
Silaturrahmi Marsini Komunitas Budaya Balingka asuhan Indra Zubir di kediaman sekaligus studio tari Ery Mefri Ladang Tari Nan Jombang, Balai Baru Kota Padang, Sumatera Barat (24/11/2018), foto : kabanews.com

KABANEWS.COM – Ladang Tari Nan Jombang (24/11/18) Balai Baru, Padang.
Ladang Tari Nan Jombang kedatangan tamu anak anak sekolah dasar dari komunitas budaya Marsini Balingka asuhan Indra Zubir, pada Sabtu sore 24 November 2018, di kediaman sekaligus studio tari koreografer Ery Mefri pimpinan Nan Jombang Dance Company.

Bertujuan untuk menjalin silaturrahmi, sekaligus membangun apresiasi bagi anak-anak MKB Balingka,  mengenal tokoh – tokoh tari dari Minangkabau, salah satunya adalah uda Ery Mefri.

Di Ladang Tari Nan Jombang anak-anak MKBB diberi pengetahuan tentang olah tubuh, menari dan sedikit bercerita tentang sejarah Ery Mefri dan Nan Jombang Dance Company, dari awal mula meminati seni tari hingga sekarang telah mencapai reputasi dunia dengan kelompok tarinya Nan Jombang Dance Company.

Keakraban yang dibangun oleh Ery Mefri menciptakan suasana kekeluargaan, di studio latihannya yang sekaligus adalah gedung pertunjukan yang secara rutin menggelar program pementasan setiap tanggal 3 dan dalam waktu dekat ini akan menggelar Kaba festival 5 pada 26 November hingga 2 Desember mendatang.

“Saya dulu seperti kalian, mulai menari sejak umur 6 tahun, bapak saya seorang penari” kata Ery Mefri.
“Ditempat latihan ini Nan Jombang Dance Company berproses, berlatih 7 jam setiap hari” lanjut Ery.
“Kita punya waktu 24 jam dalam sehari, ada waktu untuk sekolah, mengaji, membantu orang tua, bermain dan beristirahat, dari 24 jam itu sediakanlah waktu untuk berlatih, kalau kalian bisa membagi waktu kalian dengan maksimal, kalian akan jadi orang besar” terang Ery yang dipanggil Bapak oleh anak-anak MKB Balingka.

MKB Balingka adalah komunitas budaya bagi anak-anak, dinaungi oleh Yayasan Marsini Komunitas Budaya (YMKB), membuka salah satu cabang yayasannya di Nagari Balingka IV Koto Agam, Sumatera Barat. Anak – anak Sekolah Dasar yang tergabung dalam MKBB telah mendapatkan pengalaman berkesenian dengan seniman dunia dan dilatih rutin dibawah asuhan Indra Zubir yang akrab dipanggil mamak oleh anak-anak MKB Balingka.

Indra yang lama merantau di Jakarta, kembali ke kampung halamannya, membangun komunitas budaya bagi anak anak Sekolah Dasar sebagai bagian dari program Yayasan Marsini Komunitas Budaya, bertujuan untuk melestarikan dan menanamkan kecintaan terhadap seni budaya tradisi sejak usia dini.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.