Mengenal Fungsi Rumah Adat Minangkabau

2096
Rumah Gadang di Gando, Paninggahan, Solok, Sumbar. Melihat kondisinya, sentuhan kaumnya diperlukan. Foto: Syahrial Mayus/Kabanews

KABANEWS.COM – Rumah Gadang adalah nama untuk rumah adat Minangkabau yang merupakan rumah tradisional dan banyak di jumpai di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama Rumah Bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama Rumah Baanjuang.

Tak cuma di Sumatera Barat, rumah dengan model ini juga banyak dijumpai di Negeri Sembilan, Malaysia. Namun tidak semua kawasan di Minangkabau (darek) yang boleh didirikan rumah adat ini, hanya pada kawasan yang sudah memiliki status sebagai nagari saja Rumah Gadang ini boleh didirikan. Begitu juga pada kawasan yang disebut dengan rantau, rumah adat ini juga dahulunya tidak ada yang didirikan oleh para perantau Minangkabau.

Dilihat dari fungsinya, pada dasarnya, rumah gadang didirikan untuk menampung kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. Selain itu, pembangunan rumah gadang juga di pengaruhi oleh adat kebiasaan masyarakat. Jadi, semua itu berhubungan dengan ajaran adat, hukum dan falsafah minangkabau.

Rumah gadang secara umum di gunakan sebagai tempat melakukan kegiatan dan sebagai tempat pertemuan keluarga. Keberadaan rumah gadang tersebut menggambarkan kebersamaan dalam keluarga. Kegiatan yang biasa dilakukan di rumah gadang tersebut seperti musyawarah, rembug keluarga, mendirikan Datuk (Batagak pangulu) dan lain-lain.

Seperti dikutip dari kabaranah, fungsi tersebut sebenarnya telah di jelaskan dalam adat minangkabau, yaitu:

Tampek maniru manuladan
Paaja baso jo basi
Sarato budi dengan malu
Kok tumbuah di lantai tampek duduak
Banamo data lantai papan
Licin balantai kulit
Kato mufakat nan tujuan
Elok diambiak jo mufakat
Buruak dibuang jo rundiangan

Ungkapan tersebut menggambarkan fungsi rumah gadang sebagai tempat untuk mendidik dan mengajarkan anak dan kemenakan. Di dalam ungkapan tersebut juga di jelaskan bahwa rumah gadang juga sebagai tempat untuk melakukan musyawarah.

Rumah gadang tidak hanya sebagai tempat tinggal saja, namun memiliki fungsi lain seperti sebagai monumen, dan sebagai lembaga di minangkabau.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.