Mensyukuri Nikmat Allah SWT Oleh Buya Hamka

966
Buya Hamka

KABANEWS.COM – Tuhan bersabda dalam Qur’an, “Sesungguhnya jika kamu syukuri nikmat yang diberikan Allah kepadamu niscaya nikmat itu akan ditambah lagi oleh Tuhan, sebaliknya jika kamu lupa akan nikmat itu, tidak kamu pedulikan, maka azab atau siksa Tuhan sangatlah pedih”

Inilah ayat tentang syukur yang disebutkan oleh Tuhan di dalam Al Qur’an

Sebenarnya nikmat yang diberikan Allah kepada manusia itu tidak lah terhitung banyaknya, Tuhan mengatakan “Jikalau kamu hendak menhitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menghitung jumlahnya”

Ada alat 2 moderen sekarang yang di pakai orang, komputer, yang dapat menghitung berjuta-juta bahkan bermilyar dengan cepat, tapi bagaimanapun cepatnya hitungan komputer, komputernya nanti sudah rusak yang nikmat Allah belum juga semua dapat dituliskan.

Apa yang kita syukur?

Apabila kita mengenal nikmat Tuhan itu kita akan menjadi kaya dalam bathin, kita tidak jadi murung dalam hidup. Sejak matahari yang terbit di pagi hari, terbenam di waktu sore, lalu berganti malam, apabila malam telah datang, bintang-bintang pun berkelap-kelip di langit, itu pun sudah kita syukuri jika kita mengenal Dia.

Diatas bumi sendiripun, kayu-kayu nya menghijau, buah-buahan nya ranum masak, ikan di laut, deburan pasir ketika ombak menghempaskan dirinya ke pantai, pohon kelapa nyiur yang melambai di tepi pantai, dan segala macam yang lain susah untuk dituliskan, menjadi perbandingan dan peringatan bagi kita bagaimana besar nikmat yang melingkupi kita.

Tuan-tuan yang terhormat, di dalam Al Qur’an Tuhan pernah bersabda :

“Semua isi bumi ini kami sediakan buat kamu”. Sehingga ketika kita melihat ke laut, melihat ombak berdebur ke pantai lalu kelihatan dari jauh perahu nelayan menyusul ombak dan gelombang mencari ikan, untuk siapa ikan yg di cari itu? Untuk kita makan.

Apabila kita lihat padi yang menguning di sawah, kita tanamkan padi itu, untuk siapa buahnya? Untuk kita makan. Pisang yang tumbuh di pekarangan rumah, untuk kita makan.

Malahan kalau kita lihat binatang-binatang berkaki empat, kambing, kerbau, mengapa kamu gemuk? mengapa kamu jadi besar? Kami sediakan buat kamu. Buat kamu. Payah lah menghitungnya. Sampai kepada buah2-buahan yang ada mangga, rambutan, durian, makanan-makanan yang lain-lain lezat di makan oleh manusia, kalau seandainya kita tanyai dan mereka dapat menjawab, maka jawabannya sama semua…Buat kamu.

Inilah nikmat oleh Allah SWT. Dan segala isi bumi ini disediakan buat kamu!

Bersambung….

Sumber : Ceramah Buya Hamka (youtube)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.