Menuju Pariwisata Halal Terbaik Dunia di Abu Dhabi, Ayo Vote Sumbar

434
Indonesia terdiri dari beberapa kategori untuk di-vote. Kategori-kategori tersebut antara lain World's Best Halal Destination (Sumatera Barat), World's Best Halal Culinary Destination (Sumatera Barat), dan World's Best Halal Cultural Destination (Aceh). Foto: Antara

KABANEWS.COM – Setelah menerima empat kategori anugerah penghargaan Kompetisi Pariwisata Halal Terbaik Nasional 2016 yang digelar Kementerian Pariwisata, Sumatera Barat (Sumbar) kini meneruskan perjuangan yang bukan hanya untuk mengharumkan nama daerah, namun juga perjuangan untuk marwah bangsa Indonesia di tingkat internasional.

Kini, Sumbar menuju identitas tujuan pariwisata halal terbaik dunia dalam kompetisi World Halal Tourism Award 2016 yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

“Sokongan dari seluruh elemen bangsa ini sangat dibutuhkan untuk mendukung Sumbar diakui jadi destinasi wisata halal. Jika Sumbar diakui jadi destinasi wisata halal internasional, dampaknya bukan hanya untuk perekonomian, melainkan berbagai sektor akan mendapat efek domino positif dari hal ini,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar Didit P Santoso kepada Metrans, seperti diklansir antarasumbar.

Wisata halal merupakan genre baru dalam dunia pariwisata. Wisata ini memberikan iklim “halal” yang kondusif bagi keperluan seorang muslim. Namun, bukan hanya wisatawan muslim saja yang akan bisa merasakan manfaat pariwisata ini, bahkan non-muslim sendiri akan menikmati suasana nyaman dari ketersediaan makanan halal yang menyehatkan, dan fitur-fitur lainnya dari situasi kondusif wisata halal.

Untuk terpilihnya Sumbar jadi destinasi wisata halal internasional 2016, Sumbar perlu melewati masa voting dua tahap. Tahap pertama sudah berlangsung dan dibatasi waktu hingga 6 November. Sementara, pada tahap kedua akan dipilih lima nominator sekaligus jadi finalis berikutnya untuk memasuki masa voting sampai 25 November mendatang.

“Kita hanya perlu melakukan vote dalam perjuangan demi bangsa ini. Vote nominator Indonesia dalam World Halal Tourism Award 2016 di votesumbar.com. Isi biodata di FORM, kemudian klik LIST nominator di masing-masing kategori, kemudian pilih nominator dari Indonesia. Terakhir, klim SUBMIT. Kita bahkan hanya harus gunakan android, begitu mudahnya,” papar dia.

Dijelaskan, Indonesia terdiri dari beberapa kategori untuk di-vote. Kategori-kategori tersebut antara lain World’s Best Airline for Halal Travellers (Garuda Indonesia), World’s Best Airport for Halal Travellers (Sultan Iskandar Muda International Airport, Aceh), World’s Best Family Friendly Hotel (The Rhadana Hotel, Kuta, Bali), World’s Most Luxury Hotel (di Bandung), Wirld’s Best Halal Beach Resort (Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok, Nusa Tengara Barat), World’s Best Halal Tour Operator (Ero Tour), World’s Best Halal Tourism Website (www.wonderfullomboksumbawa.com), World’s Best Halal Honeymoon Destination (Sembalun Village Region, Lombok, Nusa Tenggara Barat), World’s Best Hajj & Umrah Operator (ESQ Tours & Travel, Jakarta), World’s Best Halal Destination (Sumatera Barat), World’s Best Halal Culinary Destination (Sumatera Barat), dan World’s Best Halal Cultural Destination (Aceh).

Didit menekankan, untuk berpartisipasi dalam vote Sumbar untuk wisata halal internasional merupakan satu bentuk perjuangan tersendiri yang harus disadari oleh semua pihak.

“Siapa lagi yang peduli jika bukan kita. Namun demikian, terlepas dari urusan kompetisi, menang atau tidaknya nanti, wisata halal di Sumbar sudah merupakan keniscayaan. Apapun hasilnya nanti, kearifan lokal yang kita miliki dan segenap potensi Sumbar tetap merupakan unsur wisata halal yang tetap harus terus dikembangkan,” tandasnya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.