Monumen Bung Hatta, Sosok Damai Sang Proklamator

615
Taman Monumen Bung Hatta, Bukittinggi, foto ; kabanews.com

KABANEWS.COM – Bukittinggi, kota Islami yang sejuk dan damai, merupakan salah satu tujuan kota wisata di Sumatera Barat.

Kota wisata ini banyak melahirkan para pahlawan nasional, salah satunya Mohammad Hatta, tokoh penting Republik Indonesia, sang proklamator yang juga merupakan Wakil Presiden Republik Indonesia pertama yang akrab disebut dengan Bung Hatta.

Sosok Tokoh Pahlawan Nasional ini diabadikan dengan monumen yang terletak di Taman Monumen Bung Hatta.

Bung Hatta lahir 12 Agustus 1902 di Bukittinggi dan dikenal sebagai sosok yang moderat, sederhana dan religius, karena sejak kecil Bung Hatta hidup dalam lingkungan Islami dan berasal dari keluarga cendikiawan muslim.

Dari usia lima tahun hingga dewasa, Bung Hatta sering mengaji di surau yang tak jauh dari rumahnya. Sekarang rumah tersebut dijadikan museum Bung Hatta di Jalan Soekarno Hatta 37, Bukittinggi.

Dalam menjalankan kehidupannya sebagai negarawan, Bung Hatta terkenal cermat dan selalu berpedoman pada ajaran agama Islam, serta tetap menjunjung tinggi falsafah orang Minang, adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah dan selalu bersikap santun dan ramah pada setiap orang.

Sosok sederhana, santun dan ramah tersebut tercermin dari wajahnya yang kebapakan. Bapak Koperasi Indonesia ini memang terkenal dengan gaya hidupnya yang hemat.

Dari Bung Hatta, banyak pelajaran yang dapat dipetik, betapa pentingnya arti sebuah pendidikan, terutama pendidikan agama, selain juga mementingkan pendidikan formal lainnya. Telah menjadikan Bung Hatta dikenal sebagai seorang Islam yang moderat, berpikiran cerdas dan cinta damai.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.