Orang Terakhir Yang Berjalan di Bulan Meninggal di Usia 82

324
Gene Cernan, astornot AS, meninggal 82 thn foto : geo.tv

KABANEWS.COM – Gene Cernan, Astronot AS telah meninggal pada usia 82 tahun. Badan antariksa Amerika NASA mengatakan “sedih oleh hilangnya” . Kapten Cernan adalah salah satu dari hanya tiga orang yang pernah pergi ke Bulan dua kali dan orang terakhir yang meninggalkan jejak kaki di permukaan bulan pada tahun 1972.

Dalam sebuah pernyataan, keluarga Cernan mengatakan ia meninggal pada hari Senin (16/1/17) karena masalah kesehatan, akan tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Kapten Cernan adalah komandan misi Apollo 17 pada saat itu.

Dalam sebuah pernyataan “Kesedihan yang sangat mendalam bahwa telah kehilangan suami tercinta dan ayah,” Sebelum misi Apollo 17, Cernan telah melakukan perjalanan ke ruang angkasa dua kali – pada tahun 1966 dan 1969. Ia terpilih ke dalam kelompok ketiga astronot NASA pada tahun 1963. Pensiun pada tahun 1976, menjalankan bisnis pribadi dan berkontribusi untuk saluran televisi AS pada berbagai isu.

Cernan juga memproduksi sebuah film dokumenter tentang hidupnya, yang dibahas panjang lebar dalam wawancara BBC pada tahun 2014. Lahir pada 14 Maret 1934 di Chicago, nama lengkapnya adalah Eugene Cernan Andrew.

Ia meninggalkan seorang istri Jan Nanna Cernan, putrinya dan dua putrid tiri dan juga sembilan cucu. Keluarganya mengatakan rincian mengenai pemakamannya akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang. Kematian Gene Cernan hanya beberapa minggu setelah astronot NASA, John Glenn.

Sumber : BBC

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.