Pelajaran Hidup Dalam Film OSHIN

1018
ayako kobayashi, foto : dutawisata.co

KABANEWS.COM – Film drama haru yang sempat popular di era 80 an ini menyuguhkan cerita tentang perjuangan seorang perempuan gigih Jepang yang lahir dari petani miskin dan bekerja pada tuan tanah. Perempuan desa pekerja keras, lugu dan pantang menyerah, hidup dalam tragedi akan tetapi akhirnya sukses menjadi pengusaha kaya raya dan memiliki sejumlah supermarket di Jepang.

Itu 33 tahun yang lalu dan OSHIN sampai saat ini masih sangat diingat oleh para pencintanya di Indonesia.

Tragedi dalam film OSHIN, menyentuh rasa empathy dalam menyaksikan kisah anak manusia dalam kultur budaya yang keras dan menuntutnya untuk bertahan dalam tantangan hidup dan kerja.

Dinamika persoalan perjalanan OSHIN pun silih berganti, sedari kecil telah harus berjuang menghidupi keluarganya yang sakit-sakitan, bekerja pada tuan tanah dicaci dan difitnah, ingin menggapai cita-citanya menjadi penata rambut dan melarikan diri ke Tokyo, mendapatkan tawaran menjadi pelayan bar namun ia tolak, kemudian menikah dan dibenci oleh mertuanya, membesarkan anaknya, memiliki toko ikan, menghadapi bencana gempa bumi besar dan peperangan.

Kesulitan demi kesulitan datang silih berganti menanamkan pesan moral bagi penontonnya untuk berjuang membangun kepribadian yang kuat dan tak mudah menyerah.

Ayako Kobayashi pemeran utama perempuan yang kini telah berumur 44 tahun itu, pernah melakukan perjumpaan dan berbagi kisah dengan para penggemarnya tahun lalu di Indonesia, dalam rangka promosi penayangan kembali film OSHIN di Indonesia.

“Banyaknya permintaan penggemar membuat saya ingin kembali ke Jakarta, saya senang melihat senyuman orang Indonesia,” katanya.

“Filosofi kehidupan yang terdapat dalam serial Oshin menciptakan animo dan kesan yang mendalam di masyarakat Indonesia saat itu, sehingga cukup banyak penggemar serial ini di Indonesia,” ucap Kobayashi

dikutip dari cnn indonesia (14/1/17)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.