Silaturrahmi Komunitas Budaya Anak Nagari di Laman Tari Bulaan, Balingka

318
Silaturrahmi Komunitas Budaya anak Nagari, Laman Tari Bulaan Nagari Balingka Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (18/11/2018) foto : kabanews.com

KABANEWS.COM – Bulaan (18/11/18) Balingka, Sumatera Barat.
Pergelaran seni budaya anak nagari yang digelar oleh Indra Zubir , mempertemukan Komunitas Budaya anak-anak dari 3 Nagari di Laman Tari Bulaan Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Pergelaran dibuka oleh Suryadi Datuak Malano yang mewakili Wali Nagari Balingka, menampilkan keahlian menari dan bermain musik oleh anak – anak Sekolah Dasar, berlangsung dari pukul 13.30 WIB – 17.00 WIB, ragam tarian tradisional dan musik Gandang Tambua menyemarakkan suasana hari Minggu di Laman Tari Bulaan.

Syukra Maulana menggagas acara Silaturrahmi dengan Marsini Komunitas Budaya Balingka, beserta Wali Nagari Sungai Landia memboyong kelompok seni Gandang Tambua yang terdiri dari anak-anak Sekolah Dasar dan diasuh sendiri oleh Syukra, sementara Dewi Putri memboyong anak anak didiknya yang bergabung dalam sanggar Junjuang Siriah dari Nagari Guguak Randah menarikan tari Galombang kreasi yang ditarikan dengan lincah oleh anak anak Sekolah Dasar asuhan Dewi Putri.

Di Laman Tari Bulaan mereka bertemu dan mengadakan pergelaran, disambut hangat oleh Indra Zubir pengasuh Marsini Komunitas Budaya anak anak Nagari Balingka di tempat latihannya Laman Tari Bulaan.

Anak – anak yang bergabung dalam Marsini Komunitas Budaya Balingka (MKBB) menampilkan ragam tarian tradisi, tari piring, tari pasambahan, tari indang, tari kasawah dan beberapa tarian kreasi.

Laman rumah warga yang dijadikan tempat berlatih dan berproses seni pertunjukan itu, telah menciptakan ruang tersendiri bagi peristiwa seni budaya yang sering diselenggarakan di gedung-gedung, studio atau taman-taman budaya.

Penari-penari dunia pernah berkunjung , mengadakan Lokakarya Tari dengan anak – anak Sekolah Dasar Nagari Balingka yang bergabung dengan Marsini Komunitas Budaya Balingka (MKBB).

Dibawah naungan Yayasan Marsini Komunitas Budaya (YMKB), MKB Balingka telah menyelenggarakan pelatihan dan pembinaan rutin seni tari dan seni musik tradisi 3 kali dalam seminggu, pernah bertemu dan berproses dengan  Jennifer Rose dari Shen Wei Dance Company New York, Rianto dari Banyumas yang berdomisili di Tokyo dan telah melanglang buana ke pentas Рpentas tari Internasional, serta Ditta Miranda penari utama Tanztheatre Wuppertal Pina Bausch di Jerman.

Dalam setahun ini anak anak Nagari Balingka telah mendapatkan kesempatan memiliki pengalaman berlatih dan dibina oleh Koreografer Indra Zubir yang juga telah mementaskan karya-karyanya dalam ajang festival tari kontemporer Nasional dan Internasional.

“Kunjungan-kunjungan Silaturrahmi ini akan membangun mental berkesenian bagi anak-anak Balingka, selain berkesenian, anak anak Balingka ini akan menjadi pewaris, pelestari seni budaya tradisi kedepannya dan semoga akan menjadi seniman-seniman pembaharu yang akan memajukan seni tradisi dalam lingkup pergaulan seni budaya Nasional dan Internasional” Indra Zubir.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.