Surau Unik Ini Harumkan Nama Batipuh

1143
Surau ini dibangun 1896 dengan menggabungkan arsitektur agama dan budaya. Foto: didikpare.blogspot

KABANEWS.COM – Surau yang dibangun 1896 ini membawa harum nama Nagari Lubuk Bauk. Lubuk Bauk terletak di Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Bangunannya yang unik membuat mata semua yang lewat tertuju padanya. Tak pelak, Surau Nagari ini menjadi tujuan wisata religi di Sumatera Barat.

Lokasinya yang berada di pinggir Jalan Raya Batusangkar-Padang memudahkan bagi siapa saja yang ingin melihat atau beribadah di dalamnya. Sampai sekarang surau ini masih digunakan sebagai tempat belajar agama juga sebagai salah satu obyek wisata budaya.

Keunikan Surau ini terletak pada desain bangunannya yang menyatukan arsitektur Budaya Minangkabau dan Agama Islam.

Surau memiliki atap bersusun tiga yang terbuat dari seng. Atap pertama dan kedua berbentuk limasan. Atap ketiga yang juga berfungsi sebagai menara memiliki bentuk gonjong di keempat sisinya. Menara surau berdenah segi delapan dengan dinding kayu dan jendela-jendela semu berkaca di setiap sisinya.

Atap bagian puncak menara membentuk kerucut dengan bentuk susunan buah labu atau bola-bola. Menurut keterangan, empat serambi melambangkan Jurai Nan Ampek Suku, agama, dan lambang dari empat tokoh pemerintah (Basa Empat Balai) kerajaan Pagaruyung. Sedangkan ukiran pakis seperti pola hias pada bangunan rumah seorang tokoh masyarakat atau pemerintahan, melambangkan kebijaksanaan persatuan, dan kesatuan dalam negeri.

Pemugaran Surau pernah dilakukan pada tahun 1984 melalui studi kelayakan oleh Proyek Pemugaran dan Pemeliharaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Sumatera Barat. Studi kelayakan ini berlanjut pemugaran oleh Pemerintah Daerah Setempat pada tahun anggaran 1992/1993.

Sekarang Surau Nagari Lubuk Bauk tersebut sudah dijadikan situs cagar budaya yang dilindungi oleh negara.

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.