Survei SSI: Ternyata Inilah Olahraga yang Paling Diminati Publik Indonesia

953
Gubernur DKI Jakarta dan juga Calon Presiden terpilih Joko Widodo alias Jokowi menyempatkan bermain bola di acara Pesta Rakyat Waduk Pluit, di Lapangan Bola Waduk Pluit, Jakarta Utara, Minggu (17/8/2014) lalu. Foto: Kompas

KABANEWS.COM – Tim Nasional Indonesia menang atas Thailand dalam pertandingan sepakbola yang berlangsung Rabu (14/12/2016) malam.

Tertinggal 0-1, timnas terlihat kehilangan arah permainan. Namun, 30 ribu penonton yang memadati stadion tak patah semangat untuk terus memberikan dukungan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, timnas Garuda bermain lebih agresif. Rizky Pora mampu memecah kebuntuan dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 64. Gol Rizky Pora benar-benar menjadi penyemangat, terbukti lima menit kemudian giliran pemain belakang Hansamu Yama Pratama mampu menggandakan gol sehingga kedudukan menjadi 2-1 untuk Indonesia. Kondisi ini bertahan hingga pertandingan usai dengan kemenangan diraih Indonesia.

Namun, kami tak akan mengulas soal pertandingan ini panjang lebar. Kami justru akan memaparkan soal sepakbola dalam kajian lembaga survei.

Dikutip dari skalasurvei.com, ternyata publik Indonesia sangat menggandrungi sepakbola dibanding olahraga lainnya.

Survei Skala Survei Indonesia (SSI) membuktikan, bahwa 90.8 persen publik Indonesia tahu olah raga sepak bola. Dari yang tahu ini, 47.6% menyukainya. Sepak bola mengalahkan bulu tangkis, 18.8% dan bola voli 12.4%.

Berikutnya, senam, 1,8%, jalan santai, 1,5% dan lainnya 16,3%

Karena sepakbola sangat diminati, itulah sebabnya, olahraga ini menjadi komoditas politik berharga bagi elit politik Indonesia. Mereka bisa menggunakannya sebagai sarana berkampanye untuk merebut simpati pemilih. Ini adalah realitas yang tak bisa kita bantah.

Tentang SSI

SSI didirikan oleh Abdul Hakim MS., S.ip, M.Si pada tahun 2012. Sebelumnya, Abdul Hakim sudah satu dekade lebih mendalami dunia penelitian. Ia pernah menjadi peneliti di Indo Barometer dan Developing Countries, Studies Centre (DCSC).

Keahlian utamanya ada dibidang polling (survei persepsi publik). Keahlian lain yang dimilikinya adalah melakukan analisis isi media massa, sosial media (Sosmed), dan media campaign.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.