Tahukah Anda, Ternyata Ada 800 Model Busana Perempuan Minang

506
Dua gadis berpakaian adat Minangkabau membuka jendela Rumah Tabuik Pasa di Kota Pariaman, Sumbar (foto : ANTARA)

KABANEWS.COM – Masyarakat Minangkabau masih menyimpan kekayaan budaya yang belum terdokumentasikan dengan baik. Salah satunya adalah ragam jenis busana perempuan Minang. Diperkirakan ada 800 jenis busana perempuan Minang.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat Taufik Effendi menyebutkan, terdapat paling tidak 800 jenis busana perempuan Minangkabau yang pernah ada. Dari angka tersebut, baru 234 jenis busana yang sudah terdokumentasikan.

Taufik mengungkapkan, proses dokumentasi jenis-jenis busana perempuan Minang akan dilanjutkan pada 2018 ini. Ratusan jenis pakaian perempuan Minang, ujarnya, membuktikan bahwa budaya Minang sangat kaya dan kreatif dalam memadupadankan gaya berpakaian. Apalagi, gaya busana Minang bisa saja berbeda di setiap nagari bahkan, berbeda-beda untuk setiap rumah gadang.

“Kami akan bukukan semuanya agar terdata dengan baik,” ujar Taufik usai meresmikan Gedung Pusat Kebudayaan (GPK) Sumbar, akhir pekan ini.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno (IP) menilai bahwa orang Minang memiliki cita rasa seni yang tinggi. Bahkan menurutnya, perancang busana masa kini saja terkesima melihat betapa rumit dan detailnya kreasi busana perempuan Minang. IP berharap proses dokumentasi 800 jenis busana perempuan Minang bisa dirampungkan dengan cepat.

“Seluruhnya merupakan aset kita. Kita jaga, termasuk juga silek. Habis guru, habis juga jurusnya. Ini semua sayang, jadi menurut saya pendataan penting dilakukan,” ujarnya (Republika)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.